November 25, 2011

Tips Memilih Online Shop yang Aman


Berbelanja di toko - toko online memang menawarkan sensasi tersendiri. Banyak barang yang biasanya sulit kita jumpai di toko, ternyata bisa kita temukan di toko online atau istilah kerennya online shop. Selain itu, banyak online shop yang menawarkan harga lebih murah, tetapi kita harus tetap berhati - hati karena banyak penipu yang berkedok dan memanfaatkan online shop untuk melancarkan aksinya di internet. Berikut ini ada sedikit tips untuk memilih online shop yang aman :

1. Pastikan Data - Datanya asli
Periksalah profil si penjual dan tokonya dengan cermat. Mulai dari data, nomer telepon, sampai rekening bank. Pastikan data-data yang tertera disana cocok satu sama lain. Kalau misalnya nama contact person online shop tersebut dan nama pemilik rekeningnya berbeda, sebaiknya kita tidak usah meneruskan transaksi.

2. Cash On Delivery (COD)
Jika ternyata online shop tersebut berdomisili di kota yang sama dengan anda, sebaiknya anda bertransaksi dengan cara ini. Ada uang, ada barang. Keuntungan lainnya adalah jika ternyata ada cacat atau kerusakan pada produk yang kita beli,kita bisa langsung meminta barangnya ditukar

3. Periksa Testimoni
Sebuah online shop biasanya juga memiliki akun Facebook dan Twitter. Periksa wall dan timeline-nya dengan baik. Perhatikan apakah ada pembeli lain yang pernah memberikan testimoni seperti, “Barangnya sudah sampai/diterima dengan baik. Terima kasih.” Pastikan juga bahwa akun pemberi testimoni tersebut adalah akun asli dan bukan BOT.

4. Rating Point
Jika anda membeli barang dari forum online seperti FJB Kaskus, pastikan si penjual memiliki good rating point. Jika si penjual ternyata sudah memiliki reputasi yang bagus, berarti sudah banyak pembeli yang puas dengan pelayanannya.

5. Hati-Hati Dengan Potongan Harga
Jangan cepat tergoda oleh iming-iming harga yang jauh lebih murah daripada toko konvensional. Apalagi jika selisihnya mencapai lebih dari 50%. Jika sebuah barang yang harga aslinya 8 juta rupiah tiba-tiba dijual dengan harga 2 juta rupiah, terlihat sangat mencurigakan bukan? Kemungkinannya adalah: A. Penipuan murni, B. Barang curian, C. Barang selundupan (black market), D. Barang bajakan alias KW.

6. Don’t Judge By The Picture
Jangan tertipu oleh foto barang yang dijual, apalagi kalau ternyata fotonya mengambil dari internet. Walaupun fotonya memang bagus, kita tidak tahu seperti apa kondisi barangnya. Jika ada foto barangnya yang diambil sendiri oleh si penjual dengan menggunakan kamera digital atau handphone, itu lebih bisa dipercaya. Minimal kondisi barang yang kita terima tidak akan berbeda jauh dengan apa yang kita lihat dalam foto.

Disqus Comments