September 23, 2011

Apa itu Internet?? Apa Manfaatnya Bagi Kaum Hawa???

Internet dapat diartikan pula jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yang menghubungkan semua pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber informasi. Adapun manfaat internet itu sendiri bagi kita kaum hawa tentunya banyak sekali, mulai dari kehidupan pribadi hingga iptek bahkan bisnis pun sekarang cenderung memakai dunia online, karena kita tidak perlu face to face alias bertatap muka langsung dengan pembeli untuk melakukan transaksi, jadi bisa menghemat operasional. Apalagi kita perempuan dituntut untuk cerdas dalam memilih pekerjaan dan kalo bisa tanpa beranjak dari rumah, jawabannya tentu bisnis online maka itu sebabnya saya menulis blog ini untuk sekedar membagi referensi dalam memilih bisnia bagi perempuan.

Tapi perlu diingat pula beberapa kesalahan yang sering kita lakukan tanpa kita sadari dalam berbisnis internet, karena tidak ada bisnis yang tanpa resiko, modal ataupun usaha. Demikian juga dalam bisnis online, sering kita langsung menyerah begitu sekali mencoba padahal dalam bisnis online diperlukan rutinitas dalam posting, kadang pula kita sering memfokuskan dana untuk iklan dalam satu tempat padahal tidak semua iklan yang kita pasang mendapatkan hasil yangsesuai keinginan kita. Dan bahkan kita kadang lupa tidak memfollow prospek, padahal dalam memfollow prospek diperlukan berkali-kali tidak hanya sekali dan langsung berhasil.

Semisal butik online, dunia ini tentunya menjadi trend sekarang ini karena tak jauh dari belanja atau shopping.
1. Produk/jasa-nya.
Meliputi Quality control, Inovasi, Packaging-nya, bahan dasarnya, dsb.
Dengan menjalankan internet bisnis Anda tidak harus membeli produk (jasa) terlebih dahulu untuk bisa dijual (dipajang) di website Anda krn Anda bisa memajang fotonya saja sementara produk/jasa tersebut Anda beli jika Anda sudah mendapatkan pembelinya. Namun Anda tetap akan dipusingkan dgn produk/jasa Anda untuk hal Qualitas, inovasi, packaging, design dsb karena hal2 tersebut sangat berhubungan dengan besar-kecilnya atau cepat-lambatnya perkembangan bisnis Anda.
2. Pengiriman.
Walaupun Anda bisa pergi ke TIKI untuk mengirimkan barang jualan Anda, tetapi Anda akan direpotkan dengan transportasi dari rumah Anda ke & dari TIKI tsb. Naik mobil, angkot, ojek? Juga jika istri Anda pergi mengantar barang tsb, bagaimana dgn hal menjaga anak2 di rumah? Bagaimana jika Anda harus mengirim barang dalam ukuran yang besar atau berat? dsb
3. Sales & Promotion.
Ya tentunya Anda perlu memikirkan cara terbaik mempromosikan website Anda, tampilannya, email follow-upnya, program2 promosi lainnya seperti discount, affiliate, web duplicate, dsb.
4. System administrasi
Sebagaiamana bisnis lainnya, Anda perlu siap dgn pengaturan hal ini juga. Anda bisa beli software ataupun buat sendiri.
5. Manpower (SDM)
Menemukan staff yang sesuai dengan expektasi kita tidaklah mudah. Setelah mendapatkannya, bagaimana dengan Proses pelatihan/edukasi terhadap staff tersebut? Tentunya perlu dibuat proper system yg pasti tidak mudah. Dsb
6. Partner
Rasanya setiap bisnis membutuhkan partner (rekan kerja), baik secara internal (pemegang saham, pasangan hidup, dsb) maupun external (vendor, outsource, dsb). Untuk mendapatkan partner yang bisa sejalan dengan visi & misi kita tidaklah mudah. Saya rasa mendapatkan Partner; bisa menjadi hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis yang menguntungkan dalam waktu lama.
Disqus Comments